Dilansir pada laman web sps.ums.sc.id, Sabtu (8/02) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali menyelenggarakan Interdisciplinary Sharing/Kuliah Umum, dengan mengusung tema “ Perkembangan dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0” yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. DYP Sugiharto, M.Pd. Hadir dalam acara tersebut Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Bambang Sumardjoko beserta jajarannya, Kepala Program Studi Sekolah Pascasarjana, serta civitas akademika SPs UMS. Acara berlangsung di Gedung Seminar Lt.5 Sekolah Pascasarjana UMS.

Acara dibuka langsung oleh Direktur SPs UMS Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, beliau menyampaikan rasa terimaksihb atas kesediaan hadirnya pembicara dalam acara tersebut, sekaligus menambah tentang perkembangan Sekolah Pascasarjana UMS, baik dari jumlah mahasiswa, peran mahasiswa yang terlibat aktif dalam perjuangan membangun bangsa melalui gerakan dakwah serta mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa Indonesia. Prof. Dr. Bambang juga menambahkan saat ini khususnya SPs UMS telah melakukan upaya untuk mendongkrak peningkatan publikasi karya ilmiah yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa SPs UMS.

Dalam materinya Prof. Dr. DYP Sugiharto menjelaskan bahwa perkembangan pendidikan saat ini berbeda dengan model pendidikan jaman dulu, ditambah dengan penyampaiannya terkait sistem perubahan akademik di perguruan tinggi, yaitu mahasiswa dapat berpindah jurusan untuk belajar mata kuliah lain, selain itu beliau menambahkan terkait sistem pemangkasan kuliah kelas yang akan diganti dengan kuliah yang bisa meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa.