Program Pasca Sarjana (S2) Magister Teknik Mesin berdiri sejak 5 Maret 2014 dan telah ter-akreditasi B dengan nomor SK 2611/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017. Program ini berkonsentrasi dibidang teknologi manufaktur dan otomotif, sebagai pengembangan Jurusan S1 Teknik Mesin yang telah mapan sejak 24 Oktober 1980 dengan peringkat akreditasi B. Program S2 ini bersinergi dengan PT. Solo Manufaktur Kreasi untuk pengembangan manufakturing otomotif dan berkolaborasi dengan Wuxi Institute of Technology (WXIT) di China.

Program Pasca Sarjana (S2) Magister Teknik Mesin bidang Teknologi Manufaktur dan Otomotif UMS merupakan langkah lebih lanjut dari keterlibatan UMS di bidang pendidikan khususnya dalam bidang teknologi manufaktur dan otomotif. Program kegiatan dan kurikulum disusun untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknologi manufaktur dan otomotif, ulet, jujur, dan mempunyai tanggung jawab moral dan sosial yang tinggi. Para lulusan juga diharapkan mempunyai sifat profesional yang dilandasi nilai moral yang kuat sehingga dapat mengembangkan diri dan memberi sumbangan yang positif bagi masyarakat di lingkungannya.

Sejalan dengan visinya berkaitan pendidikan yang profesional dan islami, UMS menawarkan lingkungan yang damai dengan nuansa islami, sehingga para peserta didik dapat merasa nyaman selama mengenyam pendidikan. Dengan menjunjung sikap toleransi, lingkungan yang religius dapat membantu para peserta didik dalam menjalankan kewajiban agama masing-masing, baik bagi mahasiswa yang menganut ajaran Islam itu sendiri maupun bagi mahasiswa pemeluk agama lainnya.

Untuk menggapai cita-cita UMS menjadi universitas berstandar internasional sehingga mampu bersaing di kelas dunia, UMS memiliki tenaga pengajar profesional baik S2 maupun S3 lulusan dari universitas dalam negeri maupun luar negeri. Dengan lebih dari 26.000 mahasiswa, UMS mempunyai 531 tenaga pengajar profesional tetap, 90 tenaga pengajar berkompenten part-time, di mana ada sekitar 100 tenaga pengajar profesional UMS merupakan lulusan S2 dan S3 luar negeri. UMS merupakan satu-satunya PTS di Indonesia yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri terbanyak baik di jenjang S2 maupun S3 untuk para pengajarnya.