UMS menerapkan IT-nisasi di segala aspek

Dalam rangka meningkatkan efisiensi, Universitas Muhammadiyah Surakarta menerapkan IT-nisasi di segala aspek akademik maupun non akademik, termasuk di dalamnya terkait penggunaan ruang, penggunaan transportasi, dan kegiatan renovasi sarana prasarana. Hingga saat ini UMS telah melakukan “in-house development” untuk program-program yang mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi, diantaranya:

No

Program

Link program / aplikasi

Fungsi

1

Program aplikasi database mahasiswa ADUMS Mengelola database dosen dan mahasiswa

2

Program aplikasi database dan penilaian mahasiswa ANUMS Mengelola database nilai mahasiswa dan assesment-nya

 

No

Program

Link program / aplikasi

Fungsi

1

Sistem informasi terpadu aktivitas dosen http://my.ums.ac.id Mengelola aktivitas dosen terkait dengan Borang IKD, hibah PID, Seminar PID, Seminar Scopus LN, Insentif akademik (reward TBI, Semianr, Koran, Buku), Keynote speaker,  email ums dan tugas reviewer

2

Sistem informasi pengembangan prodi http://rpps.ums.ac.id Mengelola kegiatan pengembangan tiap prodi yang mencakup “perencanaan, implementasi, monitoring, dan pelaporan termasuk manajemen keuangannya”

3

Sistem informasi pengembangan fakultas http://rpf.ums.ac.id Mengelola kegiatan pengembangan tiap fakultas yang mencakup “perencanaan, implementasi, monitoring, dan pelaporan termasuk manajemen keuangannya”

4

Sistem informasi jadwal terpadu http://akademik.ums.ac.id Mengelola jadwal perkuliahan secara terpadu

5

Sistem informasi Riset & Pengabdian http://isrecod.ums.ac.id Mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian hingga dokumentasi database yang diperlukan mencakup pengusulan riset, implementasi, monitoring, dan pelaporannya”

6

Sistem informasi SKP http://skp.ums.ac.id Mengelola dokumen sasaran kerja pegawai (SKP)

7

Sistem informasi presensi dosen & karyawan http://presensi.ums.ac.id Merekam kehadiran semua karyawan UMS meliptui dosen & tenaga kependidikan

8

Sistem informasi tracerstudy lulusan http://tracerstudy.ums.ac.id Menggali informasi terkait relevansi ipteks yang ditempuh saat perkuliahan dengan pekerjaan yang ditekuni alumni

9

Sistem informasi aset dan maintenance http://rtmaintenance.ums.ac.id Mengelola penggunaan ruang, kendaraan serta renovasi aset-aset universitas

10

Sistem informasi pengadaan barang & lelang http://lelang.ums.ac.id Mengelola pengadaan barang secara terpusat oleh Tim Pengadaan Barang Universitas (Biro Administrasi Umum, Biro Keuangan, dan Wakil Rektor II) bekerja sama dengan unit pengusul,