Penjelasan Siklus Kerja AC mobil dengan traniner kit

Pada hari rabu 17 Desember 2019, Dosen dan mahasiswa program studi Magister Teknik Mesin UMS, mengadakan pelatihan perbaikan dan perawatan AC mobil pada siswa siap lulus SMK Harapan Kartasura. Kegiatan ini dalam rangka aktualisasi tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya merupakan pengabdian masyarakat.  Dosen dan mahasiswa yang berpartisipasi sebagai tim dalam pengabdian masyarakat ini adalah Dr. Marwan Effendy., Eqwar Saputra, MT., dan Arif Surono, MT. Pelatihan ini juga dibantu dari perwakilan Hima S2 MTM, diantaranya Dessy Ade P ST., Irfan Ishdianto ST., dan Annisa ST.

Selaku dosen pendamping  Marwan Effendy, Ph.D menjelaskan bahwa skill dalam bidang servis AC memiliki banyak peluang besar dan prospek kedepannya, mengingat saat ini perkembangan teknologi pendingin sangat pesat dan rata-rata orang membutuhkannya. Beliau menambahkan dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu mempersiapkan lulusan SMK dalam menyongsong masa depan dengan wiraswasta.

Kegiatan ini melibatkan praktisi pendingin Arif Surono, MT., selaku pemilik “Bengkel AC Mobil Arief” sebagai mitra pelatihan. Pelatihan diikuti sekitar 15 orang, terdiri dari siswa siap lulus dan pendamping. Kegiatan diawali dengan penyampaian teori dikelas, seperti sistem kerja AC, komponen-komponen AC beserta fungsinya, dan diagnosa kerusakan AC. Setelah teori selesai,  kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung diantaranya pengecekan tekanan sistem AC, pengisian refrigeran, teknik pemvakuman dan pengisian refrigeran pada mobil.

“Dengan adanya pelatihan ini, semoga bisa bermanfaat dan mampu menjembatani siswa untuk berwirausaha dalam bidang perbaikan AC,” jelas Eqwar